Search

Saturday, January 21, 2012

cara tes ph dan clorine air kolam renang



Rutinitas perawatan kolam memang sangat perlu dijadwalkan, karena dalam perawatan kolam bila terjadi kesalahan dalam merawat bisa fatal akibatnya, kolam berwarna hijau, ungu dan kotor.
Yang paling sering dilakukan adalah mengetahui kandungan ph dan clorine air dalam suatu kolam renang, karena unsur ini mempunyai 65 persen pengaruh terhadap kondisi kolam.



Alat dan bahan yang paling sederhana untuk tes kondisi ph air kolam renang yaitu tes kid 2 tabung, tabung satu untuk tes ph air dan tabung lainya untuk tes klorine,
Langkah/cara tes ph air kolam yaitu masukan atau ambil air kolam di daerah kolam yang paling dalam pada ukuran batas tes kit, lalu masukan cairan ph tes (warna merah) sebanyak lima tetes lalu tutup tabung dan kocok, lihat reaksinya dan cocokan warna yang dihasilkan, normal kondisi ph adalah antara 7,2 sampai 7,6 ini batas normal ph air kolam renang. Bila terlalu rendah segera tambahkan soda ash dengan dosis sesuai ukuran kolam anda, dan bila terlalu tinggi ph nya segera turunkan dengan HCL (air keras), dalam posisi sirkulasi supaya obat cepat tercampur dengan sempurna.


Cara tes CL (clorine) air kolam renang caranya hampir sama dengan tes ph air kolam, ambil air kolam dalam tabung tes kit lalu masukan cairan clorine tes (warna bening tutup kuning) sebanyak lima tetes lalu kocok lihat warna dan cocokan, kandungan CL air kolam standart adalah 1,0 sampai 1,5 apabila melebihi tidak usah ditambahkan kaporit hari itu, dan apabila kurang segera tambahkan kaporit sesuai ukuran kolam renang anda.
Sebaiknya menabur kaporit pada waktu sore hari, karena sifat kaporit yang menguap terkena sinar matahari.
Semoga bermanfaat

.

Related Post



0 comments:

Post a Comment

Untuk berlangganan informasi dari Fiveposting silahkan masukan email anda GRATIS:

Followers

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes