Search

Loading...

Friday, November 18, 2011

Tips cara merawat dan memelihara kolam renang



Bagi anda yang sudah mempunyai kolam renang pribadi, perawatan air kolam renang merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih . Disamping perawatan terhadap air kolam kita juga harus merawat perlengkapan dan lanscape sekitar kolam renang.

Kualitas air yang kurang baik atau buruk dapat menghilangkan minat kita untuk berenang. Disamping itu, air yang tidak jernih dapat mengurangi keindahan kolam itu sendiri dan secara keseluruhan akan memperburuk tampilan rumah anda.
Untuk perawatan air kolam, dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa yang khusus melakukan perawatan air. Sedangkan untuk chemicalnya dapat dibeli sendiri atau dapat pula dibeli pada pihak penyedia jasa perawatan kolam renang.

Beberapa alasan mengapa perlu dilakukan penjagaan kebersihan air kolam adalah sebagai berikut :

• Air merupakan tempat berkembang buat patogen berbahaya seperti bakteri dan mikroorganisma dimana air kolam menjadi tempat yang sempurna untuk membawa penyakit dan dapat berpindah dari satu orang terhadap orang lain.
• Air yang kurang seimbang dapat mengganggu kulit dan mata.
• Air yang mempunyai kadar kesimbangan kimiawi yang kurang bagus dapat merusak bagian bagian dari kolam.
• Air yang kurang seimbang akan kelihatan kotor sehingga mengurangi keindahan kolam,.

Untuk hal itu perlu dilakukan perawatan kolam renang sehingga tetap bersih dan higienis. Langkah langkah yang dapat dilakukan adalah :

1. Penyediaan Feeder Klorin Otomatis

Klorin biasanya disusun dalam bentuk cair, bentuk bubuk atau tablet (meskipun beberapa profesional menggunakan gas klorin), dan dapat ditambahkan ke air di manapun dalam siklus. Pool ahli umumnya merekomendasikan menambahkan hanya setelah proses penyaringan, menggunakan feeder kimia. Jika ditambahkan langsung ke kolam renang, dengan menggunakan tablet dalam kotak skimmer, misalnya, klorin juga cenderung terkonsentrasi di daerah tersebut.

2. Penyediaan Alat Pengecekan Tingkat pH Pool

pH air adalah ukuran keseimbangan asam-alkalinitas total nya – proporsi relatif dari asam dan basa dalam air. Secara sederhana, air yang terlalu asam atau terlalu basa akan menyebabkan reaksi kimia yang tidak diinginkan. Jika air terlalu asam, itu akan menimbulkan korosi pada peralatan logam, menyebabkan bahan etsa pada permukaan dan menyebabkan iritasi kulit. Jika air terlalu basa, hal itu dapat menyebabkan scaling di permukaan kolam dan peralatan pipa saluran air dan dapat awan air. Selain itu, baik keasaman tinggi dan alkalinitas tinggi mengubah efektivitas klorin. klorin tidak akan menghancurkan patogen juga jika air terlalu basa, dan akan menghilang jauh lebih cepat jika air terlalu asam.

3. Penyediaan Chemical untuk kolam renang.

Jenis chemical yang digunakan untuk perawatan kolam renang:
• Kaporit Powder 60% Tjiwi
• Kaporit Granular
• Kaporit Tablet 200gr
• Copper Sulphate
• TB Coral
• HCL
• Soda Ash Dense
• PAC

4. Penyediaan peralatan-peralatan kebersihan kolam

Beberapa Jenis peralatan kolam yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut :
• Sikat Lantai (Vacuum Head)
Sikat ini dipergunakan untuk membersihkan debu dan lumpur yang ada di permukaan lantai kolam renang. Bentuk, ukuran dan warna terdapat dalam berbagai macam.
• Sikat Dinding (Wall Brush )
Sikat ini dipergunakan untuk membersihkan debu dan lumpur yang ada di dinding kolam renang. Bentuk, ukuran dan warna terdapat dalam berbagai macam. Bulu sikat dinding biasanya memiliki bulu yang lebih panjang dari sikat lantai.
• Selang (Vacum Hose)
Selang digunakan untuk mengangkat kotoran yang ada didasar lantai setelah dibersihkan oleh sikat lantai. Ukuran panjang selang bervariasi. Anda perlu menyediakan selang sesuai dengan ukuran kolam renang anda termasuk jaraknya ke pembuangan limpahan air.
• Tongkat Pegangan (Telescopic Handle)
Alat ini dipergunakan untuk pegangan pada sikat lantai atau sikat dinding pada saat kita hendak membersihkan atau menyikat lantai ataupun dinding kolam.
• Saringan Daun (Leaf Cather)
Alat ini dipergunakan untuk membersihkan kolam dari daun ataupun kotoran yang ada di permukaan kolam renang.

5. Perawatan Landscaping Kolam Renang.

Disamping perawatan air kolam sendiri, anda juga perlu merawat sekeliling kolam renang anda sehingga area kolam renang anda tetap aman, bersih dan tetap kelihatan indah. Tips tips yang perlu anda lakukan adalah :
• Siramlah tanaman yang ada secara teratur supaya tetap tumbuh dengan baik.
• Potong dan buang bagian tanaman yang mati termasuk daun daun yang jatuh segera dibuang. Jangan biarkan daun yang jatuh terlalu lama di tanah karena kemungkinan akan tertiup angin sehingga masuk kedalam kolam.
• Pastikan batu diarea deck dan pinggiran kolam tidak sampai berlumut, karena disamping mengganggu keselamatan orang yang berjalan juga akan merusak material dek sendiri.
• Selalu periksa sistim penerangan disekitar kolam terutama bagian instalasi listriknya. Jika ada sitim instalasi yang rusak segera perbaiki demi keselamatan.
• Jika anda menanam tanaman baru , berikan pagar pengaman atau tanda sehingga tidak dirusak orang yang lewat.
• Hindari penumpukan barang atau menempatkan benda benda yang tidak perlu ditaman selain mengurangi keindahan juga akan menjadi tempat berkembangnya mikrobiologi ataupun bakteri.

Untuk pemakaian kolam renang selain kebersihan dan higienis air , yang perlu dijaga adalah juga masalah keselamatan selama beraktifitas di kolam renang. Untuk anda yang sudah dewasa dan sudah mahir berenang mungkin tidak perlu terlampau diawasi, kita perlu memperhatikan dan pengawasan bagi anak anak ataupun tamu yang belum mahir berenang.

Berikut kami berikan beberapa tips untuk keselamatan di kolam renang , :
1. Sediakan selalu orang yang bisa menjaga jika anak anda berada dikolam renang. Usahakan orang yang mengawasi mereka sudah mahir berenang.
2. Jangan ijinkan anak anak anda berlari, main dorong dorongan , shoving atau bermain kasar disekitar pinggiran kolam renang.
3. Jika anak anda memakai papan loncat, berikan pengarahan bagaimana cara meloncat yang baik. Batasi penggunaan papan loncatan.
4. Pastikan anak anda sudah pandai berenang dan anak anda sudah tahu teknik tenik berenang
5. Berikan pelajaran dan latihan dasar tentang air termasuk metode pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan di air.
6. Sediakan kotak P3K didekat kolam renang. Periksa setiap obat-obatan dan kelengkapan P3K yang ada dan paling sering dipergunakan dan gantilah persediaan yang sudah kaladuarsa.
7. Sediakan peralatan peralatan sederhana untuk pengamanan dan selalu ditempatkan didekat kolam renang yang mudah dijangkau. Periksalah peralatan pertolongan tersebut secara berkala untuk memastikan barang barang tersebut tetap dalam kondisi yang baik dan mudah digunakan. Peralatan pertolongan pertama yang perlu disediakan adalah ban pelambung , tali pengikat termasuk pengait pengaman
8. Pastikan selalu tersedia telepon atau semacam telepon cordless di dekat kolam renang sebagai peralatan panggilan emergency
9. Lakukan tindakan pencegahan dengan memberikan tanda pelarangan masuk di jalan menuju kolam renang ketika tidak ada seorang pun ada disekitar kolam. Jangan mengijinkan orang lain yang anda tidak kenal atau anak anak sendirian di kolam renang. Pastikan tersedia atau terpasang system alarm untuk sebagai tanda ketika sesorang berada dikolam renang yang anda miliki.
10. Berikan alat penerang interior di kolam renang anda dan juga lampu lampu penerangan disekitar kolam. Pastikan semua lampu dapat bekerja dengan baik dan yang paling penting instalasi listik sudah dalam kondisi yang aman.
11. Periksa selalu sistim drainase kolam renang anda. Jika anda menemukan kerusakan atau sesua tu yang kurang beres segera perbaiki . Perbaiki seluruh sistim drainase yang mengalami gangguan sehingga dapat kembali berfungsi secara normal dan jangan biarkan anak anak duduk atau berdiri di posisi drainase yang rusak.
12. Pastikan instalasi dari terlindung dari anak anak dan beri dengan pagar pengaman disekitar perimeter peralatan dan perlengkapan kolam.


.

Related Post



2 comments:

rian kurniawan said...

sangat membantu sekali informasi yang diberikan, sebagai masukan untuk tetap menjaga kondisi kolam renang, supaya tetap sehat, jernih dan terawat,, cek kolam renang yang lain

ekasari said...

sangat bagus, serasa ingin berendam,

Post a Comment

Untuk berlangganan informasi dari Fiveposting silahkan masukan email anda GRATIS:

Followers

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes